Pengalaman Kerja:
Fresh Graduate akan dipertimbangkan

Bidang Pekerjaan:
Telemarketing

Gaji:
IDR 3.500.0007.000.000


Deskripsi Pekerjaan

Tugas Utama Seorang Telemarketing

Tugas utama dari seorang telemarketing atau BDA adalah melakukan penjualan lewat telepon produk layanan. Mereka harus mempunyai motivasi tinggi, suka dengan pekerjaan yang berhubungan dengan penjualan. Mereka juga harus bisa bekerja di bawah tekanan, terbiasa dengan target dan juga bisa bekerja sama dalam sebuah tim.

Menghubungi calon konsumen atau pelanggan

Telemarketing memiliki tugas untuk menghubungi calon konsumen atau pelanggan yang potensial. Semua dilakukan secara berkala lewat telepon. Mereka menawarkan produk atau jasa dan memberikan informasi sejelas mungkin pada konsumen agar tertarik membeli.

Melakukan penjualan dan juga menerima order

Tujuan dari berkomunikasi lewat telepon dengan konsumen adalah memberikan pengetahuan tentang produk dan jasa yang sedang ditawarkan. Sehingga, telemarketing bisa melakukan penjualan sekaligus menerima order atau permintaan yang sedang diajukan konsumen.

Mengumpulkan  informasi  berhubungan dengan produk atau jasa

Telemarketing juga harus mengumpulkan banyak informasi yang berhubungan dengan produk atau jasa yang akan ditawarkan pada konsumen lewat telepon sehingga siap menghadapi setiap pertanyaan yang diajukan konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Ini bertujuan agar konsumen semakin mengerti tentang kegunaan atau fungsi dari barang dan jasa tersebut dan akhirnya tertarik untuk membeli.

Memberikan Motivasi Untuk Pelanggan

Salah satu tugas dan tanggung jawab seorang telemarketing, mereka harus bisa memberikan motivasi dengan kata kata yang baik yang dilakukan agar konsumen bisa tertarik dengan produk atau jasa yang sedang ditawarkan sebab penjualan menjadi target utama dari pekerjaan telemarketing tersebut. Motivasi ini dilakukan supaya konsumen yang sudah jadi pelanggan bisa tetap setia menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan sehingga harus dilakukan secara rutin.

Memberikan Kemudahan Pada Konsumen

Seorang telemarketing juga harus bisa memberikan segala kemudahan untuk para calon konsumen dan juga pelanggang dimana kemudahan kemudahan tersebut diberikan agar mereka jadi semakin tertarik untuk membeli produk atau memakai jasa yang sedang ditawarkan seorang telemarketing perusahaan tersebut.

Tugas Lain Telemarketing

Diantara beberapa tugas dan tanggung jawab seorang telemarketing yang sudah dijelaskan diatas, sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan yang harus dilakukan telemarketing seperti:

  • Melakukan antisipasi terhadap masalah yang terjadi baik itu sebelum atau sesudah penjualan sehingga bisa dinetralisir
  • Memberikan dan juga menjelaskan tentang informasi sebuah produk atau jasa
  • Melakukan identifikasi mengenai semua kebutuhan dari pelanggan
  • Mengumplkan umpan balik, feedback atau jawaban yang berhubungan dengan produk atau jasa yang sedang ditawarkan.

Tahap Membentuk Komunikasi Sukses Telemarketing

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan seorang telemarketing supaya komunikasi jarak jauh yang dilakukan dengan konsumen atau calon konsumen bisa berjalan dengan efektif, yakni:

  1. Identifikasi Target Pendengar

Komunikator pemasaran harus mempunyai ntarget pendengar yang cukup jelas, Audience bisa terdiri dari calon pembeli potensial dari produk perusahaan, pemakai produk, pengambil keputusan atau yang memberikan pengaruh. Telemarketing harus mengetahui karakteristik dari audience yang dikenal dengan istilah image analysis yakni menilai pandangan audience mengenai perusahaan, produk dan juga pesaing.

  1. Menentukan Tujuan Komunikasi

Respon yang diinginkan dari seorang telemarketing tentunya adalah kemauan konsumen untuk membeli barang atau jasa yang sedang ditawarkan, Teklemarketing harus mengetahui dengan baik tujuan dari komunikasi yang dilakukan sehingga akhirnya konsumen bisa tertarik dengan jasa atau produk yang ditawarkan.

  1. Awareness

Apabila sebagian dari target konsumen belum sadar mengenai objek, jasa atau produk yang sedang ditawarkan, maka sudah menjadi tugas telemarketing untuk membangun kesadaran konsumen tersebut akan produk atau jasa.

  1. Knowledge

Sesudah konsumen sadar akan produk atau jasa yang ditawarkan, mungkin saja mereka belu mengetahui wawasan atau informasi yang luas mengenai jasa atau produk tersebut, sehingga telemarketing harus memberikan ifnromasi atau pengetahuan produk atau jasa pada konsumen secara jelas.

Persyaratan

Ketahui Produk dengan Baik

Sebelum meyakinkan orang lain, seorang telemarker harus meyakinkan diri tentang produknya dengan cara  mengetahui setiap manfaat dari produk atau jasa yang akan ditawarkan. Dengan memiliki product knowledge atau pengetahuan tentang produk, seorang telemarketer akan mampu meyakinkan semua keunggulan produknya pada calon konsumen.

Lakukan Riset Tentang Calon Konsumen

Banyak orang yang merasa terganggu dengan kegiatan telemarketing karena merasa tidak membutuhkan barang yang mereka tawarkan dan merasa asing dengan tenaga telemarketing yang menghubunginya. Jika perusahaan tidak ingin mengalami kegagalan seperti ini, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap calon konsumen. Misalnya, jika Anda menawarkan produk susu bayi, Anda harus mengetahui berapa usia anak, nama, apa rasa susu kesukaannya atau apakah anak tersebut memiliki alergi. Dengan melakukan riset tersebut, Anda bisa memberi penawaran yang sesuai kebutuhan mereka, dan calon konsumen akan merasa dekat dengan Anda.

Bersikap Ramah & Wajar

Setiap telemarketing harusnya tahu bahwa menghubungi berarti mengajak orang untuk berbicara. Karena Anda berbicara melalui telepon dan lawan bicara tidak bisa melihat ekspresi wajah Anda, maka ada baiknya untuk menggunakan intonasi suara yang ramah dan tidak kaku. Daftar pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada calon konsumen bisa disiasati dengan pemakaian bahasa yang sedikit luwes dan tidak harus persis sama dengan script, ambil saja intinya.

Berikan Pertanyaan secara Efisien

Menyadari bahwa calon konsumen yang ingin Anda hubungi tidak selalu memiliki waktu luang, maka ada baiknya seorang telemarketer memiliki daftar pertanyaan yang efisien untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Gunakan standar why, what, when, where, who dan how untuk menggali informasi tentang konsumen tanpa harus berbelit-belit.

Tidak Harus Berjualan

Target penjualan memang harus terpenuhi, namun seorang telemarketer juga perlu sesekali menelepon konsumen atau pelanggan hanya untuk mengucapkan selamat ulang tahun, selamat hari raya, atau hanya sekedar menanyakan kabar. Hal tersebut berguna untuk menciptakan hubungan baik antara perusahaan dan konsumen.


Kesimpulan

Telemarketing adalah profesi yang cukup menguntungkan, terutama bagi Anda yang baru saja mulai bekerja. Profesi ini biasanya diberi apresiasi berupa bonus saat Anda berhasil memenuhi target. Selama Anda bisa bekerja dengan baik, telemarketing bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan Anda saat berkarier. Selain itu, saat Anda memutuskan untuk resign pun, masih banyak perusahaan lain yang membutuhkan tenaga ini. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir mengenai pekerjaan di bagian ini karena banyaknya company yang memerlukan tenaga seorang telemarketing.

  • Usia minimal 21 tahun, usia maksimal 30 tahun

Diiklankan sejak 3 August 2020

Ditutup pada 20 August 2020

5 Lowongan lainnya dari Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung PT.

Bandung
IDR 7.500.00015.000.000
Bandung
IDR 4.000.0008.000.000
Bandung
IDR 3.000.0006.000.000
Bandung
IDR 3.000.0005.000.000
Bandung
IDR 3.000.0006.000.000

Mencari pekerjaan impian?

Registrasi Sekarang, cepat dan mudah

Profil Perusahaan

Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung PT.

Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung PT.


Industri:
Other Services

Ukuran Perusahaan:
201 - 500 employees